“How to” Naik Kereta Keliling Jerman (Bab 1)

Mari kita mulai mengeksplorasi sistem kereta api Jerman. Pertama-tama perlu direnungkan adalah besaran anggaran dan waktu yang tersedia untuk acara jalan-jalan itu. Jika cukup berkocek tebal dan ingin royal memanjakan diri, maka pilihan kereta cepat atau supercepat adalah pilihan berani. Tapi, jika hanya memiliki uang minim, maka kereta kelas bisnis regional siap melayani perjalanan anda kapanpun anda suka.

Website resmi jawatan kereta api Jerman adalah www.bahn.de. Sayangnya, website ini kurang memberikan informasi komprehensif dalam bahasa Inggris. Untung saja dengan sangat sedikit kemampuan bahasa Jerman kita sudah bisa (paling tidak) melihat jadual, memeriksa harga tiket atau melakukan pemesanan daring (on line).

Perkeretaapian Jerman memiliki jaringan yang luar biasa luas dan menjangkau hingga ke luar wilayah Jerman. jadi jika ingin bepergian ke berbagai penjuru Eropa, kita bisa memilih angkutan dari jawatan kereta api Jerman.

mari mulai dari titik kita berangkat, yaitu stasiun kereta (Bahnhof). Di stasiun manapun, baik kota besar atau kota kecil kita dengan mudah akan menemukan mesin layanan otomat (vending machine) yang menjual tiket untuk keberangkatan hari ini atau bahkan hari berikutnya. Cukup sediakan recehan atau uang kertas euro, pilih jenis tiket, kemudian pada layar akan tersedia berbagai menu yang nanti akan dibahas lebih mendetail.

Pada stasiun besar atau menengah, kita bisa membeli tiket di loket (DB Reisezentrum) yang umumnya buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00. Perlu diingat bahwa terdapat dua jenis mesin otomat, pertama adalah mesin otomat konvensional yang kedua adalah mesin otomat layar sentuh yang memiliki fungsi jauh lebih lengkap dibanding yang pertama. Jika membeli tiket di loket, maka kita akan dikenai bea tambahan sekian euro. Tapi, bagi pemula yang krisis PD, lebih baik memang menuju loket daripada salah membeli tiket.

Dengan tiket di tangan, kita bisa memiih kereta yang sesuai dengan harga tiket tersebut dan silahkan naik dengan jadual yang bisa kita pilih sendiri asalkan masih dalam hari yang sama. Misalnya, kita membeli tiket kereta regional dari Freiburg tujuan Aachen, maka kita bisa memilih aneka jadual kereta regional bahkan kita bisa berhenti sesuka hati di beberapa stasiun antara, pokoknya perjalanan itu harus diselesaikan dalam waktu satu hari. Hal ini mungkin dilakukan karena dalam satu hari terdapat banyak sekali kereta yang melayani ke berbagai tujuan. Misalnya saja jalur dari basel Bad ke Freiburg atau sebaliknya dilayani setiap jam oleh kereta regional. Maka, kita bisa berhenti mampir di kota antara selama kurang lebih satu jam sambil menunggu kereta berikutnya. Menyenangkan bukan ??! Indahnya lagi, kereta di Jerman tidak pernah terlambat !! woooww

(bersambung).

Bila mata ingin bicara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s