“How to” Naik Kereta Keliling Jerman (Pengantar)

Rangkaian tulisan berikut ini (ditulis dalam beberapa episode) disarikan dari pengalamanku naik kereta mengunjungi beberapa kota di Jerman. Kebetulan aku sempat menikmati “Liburan Panjang di Jerman” (sisi lain dari kisah ini yang juga akan dituliskan).

Bagi pendatang baru yang masih lugu atau sekedar turis yang hanya memiliki waktu kunjungan singkat, keliling Jerman dan beberapa kota terdekat di luar wilayah jerman menggunakan kereta listrik cukuplah menyenangkan dan memuaskan. Apalagi bila kita memiliki anggaran terbatas namun ingin mengamalkan “sekali merengkuh dayung dua puluh tiga pulau terlampaui”, maka menggunakan kereta untuk mengeksplorasi Jerman sangatlah tepat.

Beberapa teman menyarankan naik bis yang ternyata lebih murah. Namun naik bis memiliki kelemahan karena kita harus menentukan jadual lebih ketat dan kemungkinan untuk mengubah arah perjalanan, mengubah tujuan hampiran atau mengubah waktu perjalanan menjadi lebih sulit. Mengapa bisa begitu ? Karena armada bis dan ketersediaan bangku yang terbatas demikian juga keinginan untuk sekedar berhenti di kota antara harus diredam karena sekali menentukan tujuan perjalanan kita tidak bisa seenaknya berganti bis kecuali jika ingin membeli tiket baru. Memilih bis juga memiliki pekerjaan tambahan yaitu perlu melakukan reservasi tiket. Lagi pula naik kereta tetap bakal jadi favorit pilihan jika ingin melihat aneka ragam penumpang cantik-cantik atau ganteng-ganteng silih berganti naik ke atau turun dari kereta.

Sebagai pengantar tulisan berikutnya yang merupakan episode intisari tip maupun jurus jitu naik kereta di Jerman, maka tulisan ini saya sudahi dengan sebuah anjuran………………….”bersiap-siaplah untuk menahan pipis ketika terpaksa melewatkan malam di stasiun atau pipislah di tembok luar stasiun asal tidak ketahuan”.

 

Stasiun kereta Frankfurt, Jerman

 

Bila mata ingin bicara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s