Joko Widodo for president, hmm, mengapa tidak?

Saya bukan jenis manusia yang mudah memuji apalagi bersimpati dengan birokrat atau aparat negara. Tapi kali ini saya ingin mengungkapkan kekaguman kecil pada sosok yang bernama Joko Widodo. Beliau, Jokowi, begitu orang-orang memanggilnya, adalah pejabat walikota Solo saat ini (2005 – 2010 dan 2010-2015). Sebelumnya tidak memiliki karir dibidang politik dan pemerintahan, malahan dia aselinya adalah seorang saudagar mebel yang konsumennya dari aneka penjuru dunia. So what?!

Banyak ulasan di surat kabar mengisahkan bahwa ketika dia berhasil menduduki kursi walikota Solo, banyak orang meragukan kemampuannya [1]. Saya juga tidak tahu alasan PDI-P mengusung orang ini sebagai kandidat waikota Solo tapi kelak terbukti pilihan PDI-P adalah pilihan emas dan rahayat Solo sekarang merasakan kerja kerasnya.

H. Ir. Joko Widodo Walikota Solo 2005-2010 (gambar diambil dari www.thejakartapost.com)

H. Ir. Joko Widodo Walikota Solo 2005-2010 (gambar diambil dari http://www.thejakartapost.com)

Apa yang membuat saya menyenangi tokoh ini? Jawabnya adalah INTEGRITAS dan EMPATI.  Sebagai pejabat yang memiliki kuasa atas kota Solo, alih-alih menggunakan kekuasaannya itu untuk menumpuk harta dan popularitas, dia malah memilih jalan populis, pro-rakyat kebanyakan, dan terutama visioner-revolusioner memajukan kota yang diampunya.  Baginya, jabatan publik adalah amanah.

Sedikit mengulang berita, sejak dia menjabat walikota, Solo yang sebelumnya selalu menjadi kota dibawah bayang-bayang ketenaran Yogyakarta, mulai berhias dan percaya diri dengan potensinya sehingga perlahan merebut perhatian khalayak.  Perlu disebut disini adalah prestasinya memindahkan pasar barang loak Banjarsari ke lokasi baru tanpa terjadi huru-hara dan hebatnya lagi bekas lokasi itu bukan untuk mall tapi untuk ruang terbuka hijau, ya betul untuk taman! wwooowww. Tak hanya itu, taman Balekambang yang kumuh dan hampir jadi taman beton berhasil dipertahankan tetap sebagai paru-paru kota bahkan dirancang menjadi kebun raya [1]. Jokowi juga dikenal tidak bisa dibujuk rayu oleh kalangan pengusaha yang ingin membangun usaha tapi tidak bersedia menyediakan fasilitas umum.  Dia bahkan sering menolak proposal yang tidak sesuai dengan syarat yang dia ajukan yaitu keseimbangan pembangunan fisik dan spiritual warga kota. Demikian pula, dia memilih merehabilitasi pasar tradisional ketimbang menerima proposal pembangunan pusat belanja, menunjukkan sikap keberpihakannya kepada kepentingan rakyat akar-rumput. Kebijakannya dalam peringkasan urusan birokrasi juga menarik minat kalangan pengusaha dalam dan luar untuk berinvestasi [2].

Satu lagi karakternya yang menambah rasa simpati saya adalah kepeduliannya pada soal budaya bukan melulu ekonomi saja. Pria lulusan Fakultas Kehutanan UGM ini mengajukan Solo untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia dan diterima pada tahun 2006. Berlanjut dengan dipilihnya Solo menjadi tuan rumah Konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008 mengalahkan kandidat utama, kota Andong, Korea Selatan. Prestasi ini menjadi catatan tersendiri bagi saya karena saya tahu persis bagaimana Kota Andong mempersiapkan diri, tapi ternyata dunia memilih Solo berkat kerja keras Jokowi. Pada tahun 2007 dan 2008 Solo juga menjadi tuan rumah Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan masing-masing di kompleks Benteng Vastenburg (terancam digusur untuk dijadikan pusat bisnis dan perbelanjaan) dan di komplek Istana Mangkunegaran. Atas sekian prestasinya ini Pak Jokowi diganjar predikat sebagai salah satu dari “10 Tokoh 2008” oleh Tempo dan namanya juga mendunia [1,2].

Lihatlah sekarang Solo dengan merek “The Spirit of Java” bangga memiliki pasar tradisional yang tertata apik, taman kota, sentra batik, sentra jajanan, daerah bebas kendaraan bermotor, pusat-pusat pertunjukan budaya dan…………..kereta uap yang melintas di tengah kota hohohohoho……..what an exotic city. Dari mana dia mendapatkan pencerahan itu? Ternyata dari pengalaman dia saat melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri sebelum menjabat walikota.

Memang benar-benar terlalu pagi untuk woro-woro promosi mendukung bapak ini menjadi kandidat presiden kita, tapi apa salahnya? Toh dia masih muda dan sudah mampu menunjukkan integritasnya sebagai pemimpin. Ah, andaipun tidak ada yang berminat mencalonkan dia sebagai kandidat presiden, semoga lima tahun mendatang Provinsi Jawa Tengah ada dibawah asuhannya atau paling tidak kota Solo masih diampunya.

Tautan luar

[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo dan artikel di dalamnya

[2] Berita Joko Widodo di Boston.com

Jika mata ingin bicara

(catatan:  Saya bukan orang Solo, dan saya tidak memiliki kekerabatan apa-apa dengan Pak Joko Widodo)

27 comments on “Joko Widodo for president, hmm, mengapa tidak?

  1. iphin cow says:

    jokowi is the best i know..

  2. Sarip says:

    Boleh nggak Pak Joko tak pinjam sebentar buat mbenerin Surabaya-ku yang makin morat-marit :)

  3. baud says:

    Satu-satunya walikota yang bisa memindahkan ribuan pedagang kaki lima tanpa rusuh….

  4. Siti says:

    Semoga Purwodadi, kota di sbelah Solo juga dapat pencerahan..Amiin

  5. sani d"febriyan says:

    Mudah2 bangsa indonesia diberikan pemimpin yang berjiwa kerkayatan seperti pak joko, buat presiden kita belajar dari pak joko, jangan pernah malu berteman dengan pedagang, turun kelapangan. sehingga bisa jelas apa kebutuhan mereka sebagai rakyat kecil, berempati dan mencari solusi yang berguna bagi kedua belah pihak , jika pemimpin kita seperti itu pasti rakyat akan selalu mencintainya…dan akan selalu mendoakanya dengan tetesan air mata yang bahagia……..

  6. vieky says:

    setuju….semoga Pak Joko bisa segera menggantikan presiden SBY, agar rakyat dapat merubah nasibnya di bawah pimpinan yg amanah seperti Beliau..Amin. semoga saja.

  7. subhanallah pak Jokowi. saya baru tahu ini. maju terus pak Jokowi

  8. jeng rna says:

    salut bgt buat Bapak Jokowi…smoga Allah memberi kesempatan kepada Bapak untuk memimpin negara ini….saya dukung pak…(saya juga bukan org jawa)

  9. anne says:

    subhanallah, sampai nangis saya membaca ini, luar biasa kharisma beliau :)

  10. Dimas says:

    Oh, sebentar, sebentar…sebelum jadi presiden, dijadikan dulu gubernur Jakarta. Status sih Ibukota, tapi minta ampun runyamnya: Macet, banjir, preman, angkutan umum brutal, tawuran, sampah dalam bentuk padat-cair-gas…help, pak Jokowi, heeeelp!!!

  11. Priatna says:

    SOSOK JOKOWI ADALAH ORANG YANG SUDAH MENGENAL DIRINYA DAN TUHAN-NYA, SEHINGGA EKSISTENSINYA TIDAK LAIN HANYALAH SEBUAH PENGABDIAN. PENGABDIAN ITU MEMBERI BUKAN MENGAMBIL. ITULAH JOKOWI. SALAM DR SAYA BUAT JOKOWI.

  12. azkawan says:

    sy pastikan sy akan masuk dlm barisan pendukung nomor satu Jokowi u jd orang nomor satu di Indonesia.Jokowi for presiden

  13. yudi says:

    saya setuju pak jokowi presiden RI

  14. marwan says:

    sy kira beliau bisa menjadi contoh pemimpin utk masa depan indonesia, sikapnya utk rakyat dan tegas trhdp pengusaha yg melanggar tatakota……bisa jadi presiden….seperti kalikota Tehran , kemudian menjadi presiden Iran….maju pak jokowi

  15. fays says:

    gw ikutan dh…

  16. Tinambunan says:

    Wi’fpre=JokoWI For President RI 2014. Salute!!!

  17. Deny anak Solo says:

    Saya bangga Solo memiliki salah satu putra terbaik. Salut untuk pak Jokowi. Walaupun basic.y beliau adalah pengusaha namun beliau bukan orang yang berpikiran materialistis. Beliau sangat total mengabdi untuk rakyat. Vote Jokowi for 2014!!!

  18. Agus Budiarto, Batu Jamus says:

    pujian-pujian itu bisa membawa petaka, tp sy yakin beliau mampu tuk meredam petaka itu. terus semangat,saya tahu anda adalah orang yg terbebani,dng semua itu. ini adalah nyata…. teruslah maju tuk menjadi INSAN SEJATI.

  19. joko says:

    andai jokowi tetep mnjadi walkot tuk selamanya

  20. Edward setya antok says:

    Jokowi man of the year…. 2012 GO….GO…GO for the besttttt…. jakarta leader….. merdekaaaaa…..

  21. mang asep says:

    sangat pantas untuk jadi Pemimpin di Republik Ini..

    Situs Berita Rakyat Indonesia

  22. Roem Pane says:

    Mr Jokowi lebih pantes jadi Presiden RI daripada jd gubernur DKI

  23. mike says:

    Semangat pak Jokowi… saya, kami, kita semua mendukungmu. God Bless You.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s