Potensi farmasi dari cecair ionik, sebuah peluang penelitian di Indonesia

Paradigma baru cecair ionik dalam bidang farmasi

Paradigma baru cecair ionik dalam bidang farmasi (R.D. Rogers et al, New J. Chem., 2007, 31, 1429)

Beberapa waktu lalu telah dikisahkan sekelumit pengetahuan dasar cecair ionik. Bahkan cecair ionik (ionic liquids) bukan lagi dikenal sebagai sekedar material laboratorium, melainkan mulai digunakan dalam berbagai teknologi kimia mulai dari sintesis organik, material, maupun elektrokimia. Salah satu potensi yang kini dianjurkan oleh penggiat cecair ionik (dan kemungkinan paling sesuai diterapkan di Indonesia karena murah dan mudah) adalah pemanfaatannya sebagai zat aktif atau sekedar aditif bahan-bahan farmasi dan terapi penyakit. Riset di bidang ini bakal sangat menarik karena ratusan bahkan mungkin ribuan jenis cecair ionik bisa dihasilkan dari kombinasi kation maupun anion yang tersedia di alam.

Diagram evolusi cecair ionik dari material untuk teknologi proses menuju bioteknologi

Diagram evolusi cecair ionik dari material untuk teknologi proses menuju bioteknologi (R.D. Rogers et al, New J. Chem., 2007, 31, 1029)

Adalah Robin D. Rogers seorang professor dan peneliti cecair ionik di Kampus Alabama, Amerika Serikat. Di kegiatan kongres tentang cecair ionik, COIL-3, dia memperkenalkan paradigma baru material ini dalam dunia kefarmasian. Mari kita lihat apa yang bisa kita kerjakan dengan cecair ionik.

Perlu diketahui bahwa cecair ionik bisa disintesis dari metabolit sekunder (secondary metabolites) yang diperoleh dari bahan alami (natural product). Hal pokok yang perlu diingat adalah bahan dasar tersebut memiliki gugus amine atau fosfor yang bisa dikuartenarisasi (metilasi jenuh sehingga atom nitrogen atau fosfor memiliki 4 ikatan hidrokarbon dan memiliki muatan positif).

Cecair ionik yang diturunkan dari metabolit sekunder nikotin (S.T. Handy, Chem. Eur. J., 9, 2003, 2938)

Cecair ionik yang diturunkan dari metabolit sekunder nikotin (S.T. Handy, Chem. Eur. J., 9, 2003, 2938)

Dengan ketersediaan aneka jenis metabolit skunder yang diisolasi dari bahan alam, kita bisa melakukan uji aktifitas toksisitasnya di laboratorium. Karakteristik dari cecair ionik yang bisa diatur kepolarannya, kelarutannya, maupun sifat-sifat fisik lainnya (titik leleh, kekentalan, ukuran molekulnya dan lain-lain) adalah sebuah keuntungan istimewa. Disamping itu, jika cecair ionik berfungsi sebagai obat, dia bisa diikat atau istilahnya diimobilisasi dengan biopolymer, atau sebaliknya, dia berfungsi sebagai pengemban material obat agar tubuh tidak menolak zat tersebut (body incompatible). Struktur cecair ionik bisa dengan mudah dimodifikasi dengan penambahan gugus aktif tertentu untuk jenis pengobatan tertentu (functionalized ionic liquids). Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadikan cecair ionik mendapat julukan “tailored compound”.

Cecair ionik istimewa yang diturunkan dari obat anti jamur miconazole

Cecair ionik istimewa yang diturunkan dari obat anti jamur miconazole (J. H. Davis, Jr., Tetrahedron Letters 39, 1998, 8955)

Dari kisah ringkas di atas, tak diragukan lagi bahwa ilmuwan Indonesia sudah selayaknya mulai terlibat dalam pengembangan cecair ionik dan khususnya dalam pemanfaatannya sebagai bahan baku industri farmasi.

Beberapa literatur

1. V. Jaitely, A. Karatas, A.T. Florence, Water-immiscible room temperature ionic liquids (RTILs) as drug reservoirs for controlled release, Int. J. Pharmaceutics 354 (2008) 168-173.

2. H. Mizuuchi, V. Jaitelya, S. Murdan, A.T. Florence, Room temperature ionic liquids and their mixtures: Potential pharmaceutical solvents, Eur. J. Pharmaceutical Sci. 33 (2008) 326-331.

3. W.L. Hough and R.D. Rogers, Ionic Liquids Then and Now: From Solvents to Materials to Active Pharmaceutical Ingredients, Bull. Chem. Soc. Japan 80 (2007) 2262-2269.

4. S.T. Handy, Greener Solvents: Room Temperature Ionic Liquids from Biorenewable Sources, Chem. Eur. J 9 (2003) 2938-2944.

5. J.H. Davis, Jr., K.J. Forrester, T. Merrigan, Novel organic ionic liquids (OILs) incorporating cations derived from the antifungal drug miconazole, Tetrahedron Lett. 39 (1998) 8955-8958 .

6. W.L. Hough, M. Smiglak, H. Rodríguez, R.P. Swatloski, S.K. Spear, D.T. Daly, J.Pernak, J.E. Grisel, R.D. Carliss, M.D. Soutullo, J.H. Davis, Jr., R.D. Rogers, The third evolution of ionic liquids: active pharmaceutical ingredients, New J. Chem. 31 (2007) 1429-1436.
.
Jelliarko Palgunadi
Penggiat cecair ionik

Pertanyaan dan permintaan literatur terkait bisa disampaikan dalam kolom komentar.

4 comments on “Potensi farmasi dari cecair ionik, sebuah peluang penelitian di Indonesia

  1. pitachu says:

    Kak, nice blog…:D
    Aku belum baca semua artikel-2 sih, tapi gimana kondisi riset ionic liquid di indo? Sudahkah ionic liquid di manfaatkan di industri farmasi di indo?
    “lanjut baca artikel yang lain aaah”

    • wah thanks for posting comment,

      sayangnya ionic liquid masih dianggap barang super langka di Indonesia, jadi ini kesempatan buat kimiawan dan industri farmasi untuk mengembangkannya. Beberapa ionik liquid memang sedang diuji bioaktifitasnya oleh pakar-pakar ionic liquid, misalnya Robin D. Rogers (USA) dan H. Onno (Jepang).

  2. vaveri says:

    jel….masalahnya…belum ada yang memperkenalkan ke industri farmasi dan mungkin belum ada perusahaan farmasi di US or eropa sana yang sudah pake. Sama halnya dengan teknologi superkriting….kalau gak karena ada perusahaan farmasi di Eropa dan amerika yang sudah mengapplikasikan..sulit sptnya menembus pasaran indonesia.

    • Mas bambang, untuk proses aprroval sebuah obat memang jalannya berliku dan panjang, bisa sampai puluhan tahun. Saran saya dan ahli cecair ionik adalah menggunakannya sebagai aditif atau sebagai medium obat. Trend yang baru dimulai dan tampaknya akan segera laku di pasaran adalah aplikasi cecair ionik untuk anti kuman. Yang sudah bisa diaplikasikan langsung dan siap industrialized adalah untuk pembasmi kuman di rumah sakit dengan cara penyemprotan ke lantai rumah sakit (jadi ini bukan obat tapi semacam cleaning substance), mungkin nanti segera dirilis sabun colek atau sabun mandi mengandung cecair ionik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s