Gam, buah kesemek bangsa Korea

Orang Korea menyebutnya GAM (감), bukan gerakan aceh merdeka, melainkan sebuah nama untuk buah yang berwarna orange ranum saat matang. Buah ini hanya bisa ditemui dalam bentuk segar saat menjelang musim dingin dan dijajakan hampir merata di seantero pelosok daratan Korea Selatan. Yah begitulah gambaran negeri gingseng ini, sebuah bangsa yang homogen bahkan hingga jenis jajanannya.

Buah gam (Diospyros kaki) juga dikenal di Jepang dan di China, bahkan konon gam adalah buah asli daratan China yang kini menyebar hingga ke benua Amerika. Di tanah Amerika sana, buah ini disebut persimmon. Bibit buah tersebut juga mampir ke Indonesia dan masyarakat mengenal buah gam sebagai kesemek (apel jawa atau buah genit). Tidak seperti di Korea maupun Jepang dan mungkin di Amerika sana, buah ini tidak sempat meraih kepopuleran di Indonesia.

Pohon buah gam yang gugur daunnya saat buah-buahnya matang

Pohon buah gam yang gugur daunnya saat buah-buahnya matang

Bagaimana rasanya? hmmm………….jika belum matang (atau setengah matang), daging buahnya kesat oleh getah (tannin) dan mengkal bagai apel, tapi jika sudah masak, dia selembut sawo. Di Korea maupun di Jepang buah ini dimakan segar ketika sudah matang benar atau dibuat manisan yang biasanya dijual sebagai buah tangan istimewa dan lumayan mahal. Di korea, buah ini juga diproses untuk minuman istimewa, sujeonggwa.

Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak apalagi buah yang masih muda, karena gam mengandung zat kimia yang bisa membentuk zat semacam perekat di dalam perut sehingga bisa mengakibatkan sulit buang air besar.

Ada nasihat di Korea berkaitan dengan pohon dan buah gam. Jika satu pohon berbuah puluhan, maka sisakan beberapa butir di ranting-ranting yang sulit diraih tangan untuk burung-burung, tupai dan kelelawar. Wah, nasihat bijak yang selaras dengan alam!

Satu lagi yang perlu ditiru dari masyarakat Korea, tidak pernah melempar buah matang di pohon yang bukan miliknya.

Jika mata ingin bicara

3 comments on “Gam, buah kesemek bangsa Korea

  1. ardian says:

    Satu lagi yang perlu ditiru dari masyarakat Korea, tidak pernah melempar buah matang di pohon yang bukan miliknya

    wah… jangan nyindir saya dong

  2. iiEnd kA"Q cHie2 says:

    yang nama nya hasil nyolong tanaman orang kenapa enak ya??????????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s