Pengalaman mengajukan visa kunjungan singkat ke Australia (dari kedutaan di Seoul, Korea)

Lagi-lagi saya mendapat tugas perutusan ke manca negara tidak lama setelah saya baru saja tiba dari Tiongkok. Kali ini saya harus mengikuti konferensi tentang ionik liquid (COIL 3) di Cairns, Queensland, Australia.

Waktu pengajuan visa minimal 1 minggu sebelumnya (5 hari kerja), prosesnya mudah sekali asalkan dokumen yang kita ajukan sangat lengkap (tapi setiap aplikan kemungkinan mendapatkan perlakuan yang berbeda tergantung dari keputusan pihak kedutaan).

Sebagai pelajar yang ingin melakukan kunjungan singkat, kita bisa menggunakan form aplikasi sebagai berikut (form aplikasi), yang tergolong sebagai aplikasi untuk kunjungan singkat berkaitan dengan urusan bisnis atau konferensi.

Setelah melengkapi form aplikasi dan menyiapkan paspor, siapkan juga uang sebesar 93,000 won (nilai nominal bisa berubah sewaktu-waktu), kemudian pergilah ke kantor pos untuk membeli semacam kupon berharga (cek), karena kedutaan Australia di Korea Selatan tidak menerima pembayaran selain menggunakan cara ini.

Dokumen atau benda pelengkap yang harus disiapkan adalah:

1. Sertifikat kemahasiswaan

2. Surat undangan dari panitia penyelenggara konferensi

3. Pernyataan dari supervisor bahwa selama di Australia, segala kebutuhan keuangan akan dipenuhi

4. Bukti pemesanan akomodasi atau alamat tinggal sementara yang jelas (jika menginap di rumah seseorang yang berdomisili tetap di Australia)

5. Bukti pemesanan tiket pesawat pulang-pergi

6. Foto terbaru ukuran paspor 2 lembar

7. Amplop ukuran paspor yang telah ditulis nama dan alamat kita

Masukkan semua dokumen dan cek tadi dalam sebuah amplop besar dan pergilah ke kantor kedutaan Australia (Kyobo Building lantai 13, 1-Jongro 1-ga, Jongro-gu, Gwanghamun subway Station, Seoul). Dokumen aplikasi bisa juga dikirim via pos jika memiliki cadangan waktu pengajuan aplikasi yang mencukupi. Di kantor kedutaan, kita tidak akan menemukan petugas loket yang siaga, tapi kita cukup memasukan paket dokumen kita dalam sebuah kotak pos. Sebelum kita memasukkan dokumen, lengkapi dahulu form dari kantor pos (tersedia di kedutaan) untuk fasilitas pengiriman kembali paspor yang telah mendapatkan persetujuan visa dan sertakan dalam dokumen aplikasi kita.

Pengalaman saya, tidak lebih dari 5 hari visa sudah disetujui. Bahkan saya mengajukan visa tepat seminggu sebelum keberangkatan dan ternyata tidak mengalami masalah !!

Catatan,

1. Kedutaan Australia akan mengirimkan email pemberitahuan bahwa aplikasi kita telah diregistrasi dan akan segera diproses

2. Segala komunikasi dan pertanyaan sebaiknya diajukan via email (karena metode ini paling dianjurkan selain itu petugas sering tidak menjawab telepon)

3. Homepage kedutaan Australia di Seoul

Selamat bertugas !

Jika mata ingin bicara

This entry was posted in Tips.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s