Tag der Forschung

Bahasa gamblangnya ya Sciences Day. Kegiatan yang mungkin diselenggarakan tahunan ini kebetulan diadakan di departemen kimia, Universitas Freiburg. Mungkin juga diadakan berkaitan dengan perayaan ulang tahun yang ke 550 kampus tersebut. Bukan acara yang hebat memang, tapi bisa jadi inspirasi bagi banyak kampus-kampus di Indonesia yang kebingungan mencari bentuk kegiatan bermutu, murah dan semi massal.

Hari sains cukup diselenggarakan satu hari. Peserta diundang dari kalangan kampus sendiri (bisa juga kolaborasi beberapa kampus). Kebetulan Tag der Forschung kali ini merupakan kolaborasi departemen geologi, kimia dan farmasi. Program acara meliputi ajang pamer poster hasil-hasil penelitian, kemudian kuliah umum yang asyiknya diisi oleh lebih dari 10 profesor dengan beragam topik penelitian terkini. Yang terakhir adalah acara pesta hingga larut malam.

Yang menarik untuk diamati adalah antusiasme para mahasiswa dalam berpartisipasi, mulai dari sekedar melihat-lihat poster-poster bermutu tinggi, hingga mengikuti rangkaian kuliah umum, benar-benar mencerminkan suasana ilmiah akademis.

Jika di fakultas ilmu budaya dan bahasa, Universitas Indonesia setiap tahun diadakan acara Pekan Seni Antar Bangsa, mengapa fakultas MIPA tidak mencontoh aksi ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s