Menyusuri jalan, menemukan cerry, murbei dan anggur

Di kota kecil Freiburg pada musim panas kita akan mendapati lingkungan yang sungguh menawan walaupun kadang membosankan. Yang terlihat jelas adalah kehijauan di mana-mana, menandakan bahwa kota tersebut sungguh menganut faham “eco-green city“. Selain itu, aneka tumbuhan yang sengaja ditanam maupun liar dibiarkan tumbuh bersama dan diberi pupuk kandang oleh dinas pemda kota.

petik_cerry.jpgarbai.jpgpinggir_rel.jpg

Ketika aku berjalan-jalan sore di sekitar asramaku, aku menemukan pohon “Wild Cherry” (Prunus avium) di beberapa sudut, tumbuh menjulang dengan buahnya bergelantungan tanpa ada yang perduli untuk memetiknya. Demikian pula aku menemukan segerombolan semak-semak yang ternyata adalah pohon murbei, dalam bahasa Jerman “Brombeeren” (Rubus fruticosus), tumbuh menyelimuti pagar pembatas antara jalan setapak dengan rel kereta api. Alangkah pemandangan yang menyenangkan, bahkan aku sempat tidak tahu malu memetiki buah-buah tersebut yang telah ranum. Hmm, tak perlu membayar €3,00 untuk satu kantong kecil. Keadaan yang pasti tidak kita temukan di Indonesia, karena umumnya buah dari pohon yang tumbuh tanpa pemilik pasti telah habis diganyang oleh orang-orang iseng. Jangankan buah dari pohon liar sedangkan buah dari pohon yang ada di halaman kita saja kadang dilempar sandal.

Pemandangan lain aku temukan di pusat kota yaitu sekawanan pohon anggur (Vitis sp) aneka jenis dari berbagai negara asal ditanam di taman kota dengan tujuan pembelajaran bagi masyarakat kota. Pohon anggur yang mulai berbuah bakal jadi pemandangan menggiurkan nantinya dan semoga tidak bernasib sial dipetik tangan jahil dan mulut usil yang ingin mencicipinya.

kebun_anggur.jpg

Bila mata ingin bicara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s