Membaca kabar Indonesia pada halaman yang terselip

Semenjak meninggalkan Indonesia tahun 2003 untuk melanjutkan sekolah, aku punya kebiasaan baru. Pagi-pagi, tiba di lab kemudian segera membuka halaman Detik dot kom dan Kompas dot kom. Kerinduan terhadap berita dari negeri sendiri memang sedikit terbayarkan dengan membaca halaman demi halaman dua media nasional tadi.

Untuk mendapatkan berita paling terkini aku sangat mengandalkan Detik karena memang hampir setiap menit selalu muncul headline baru. Tapi pada lembar Kompas aku paling menyukai membaca Kompas Edisi Cetak. Di halaman itu tulisan yang pertama aku baca adalah rubrik “Tokoh“, kemudian tentang “Yogyakarta” (ini lebih menyangkut sentimen kampung halaman), kemudian, “Jawa Tengah” dan “Humaniora” serta terakhir adalah “Nusantara“.

Mengapa “Tokoh” favoritku? Setiap membaca rubrik itu, aku senantiasa terbuai dengan uraian ringkas pengalaman, prestasi, kesetiaan pada tugas, totalitas pada kerja maupun suka-duka seseorang yang jadi bahan ulasan. Pada rubrik itulah aku belajar semakin mencintai Indonesia, karena rubrik itu paling banyak mengulas keberadaan sosok-sosok warga negara Indonesia yang mungkin lepas dari perhatian umum maupun gegap gempita politik nasional. Merekalah yang diam-diam tapi gigih berjuang tanpa pamrih memberikan pencerahan, menciptakan titik-titik kesadaran sekaligus merangkainya menjadi jaring-jaring kesadaran baru, mempengaruhi alam pikir orang-orang disekitar mereka. Pada “Tokoh” pula aku menyerap inspirasi untuk juga ingin berkarya seperti mereka.

Kompas (lagi-lagi bukan ingin mempromosikan media ini loh!), sekali lagi membuat inovasi dengan halaman baru, yaitu rubrik “Potret” yang yang bisa aku temui di lembar “Community” pada Kompas dot com. Isinya lebih kurang menceritakan kehidupan sosial masyarakat yang sering kali terlalaikan oleh kesibukan pikiran kita, apalagi pikiran para politisi kadal nasional.

Jika mata ingin bicara

This entry was posted in Opini.

Leave a Reply

