10 Alasan senang tinggal di Seoul, Korea Selatan

Semenjak tahun 2003 hingga tahun 2005, saya tinggal di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Kemudian, akhir tahun 2006 hingga menjelang akhir 2007, saya sempat singgah di kota Freiburg im Bresgau, Jerman. Di tahun itu pula saya kembali ke Seoul hingga sekarang dan tak pernah menyesal sedikitpun meninggalkan Jerman. Mengapa ??? Dari sekian puluh kesenangan yang bisa saya dapatkan di kota Seoul, saya pilih 10 nominasi saja yang menjadi daya tarik Korsel dan menjadi keutamaan kota Seoul sehingga memikat hati saya untuk kembali.

Kesepuluh daya tarik itu adalah:


1. Keamanan

Seoul bisa disebut sebagai kota besar (relatif) paling aman se Asia selain Tokyo, Taipeh dan Singapore. Warga kota dan pendatang bisa menyusuri jalan-jalan di seantero Seoul tanpa rasa was-was hendak dirampok, dijarah atau mengalami kekerasan seksual. Tentu saja ini dikatakan relatif karena kriminalitas tidak pernah “zero” tapi kenyataannya, saya tidak pernah mengalami kecopetan, ditodong, atau diancam. Bahkan kaum perempuan bisa melenggang pulang dari tempat kerja pada jam 3 dini hari. Seoul memang kota yang dinamis dan tak pernah tidur.

Pengalaman buruk teman saya adalah meninggalkan tas berisi ijasah dan uang di dalam subway dan tidak pernah mendapatkannya kembali walaupun ada tempat penitipan barang tercecer di stasiun subway. Cerita dari teman pekerja lain lagi, mereka (paling) sering mengalami kekerasan verbal (dikata-katai secara kasar – red) dan hantaman fisik di tempat kerja (walau tidak mematikan).

2. Pelayanan birokrasi dan fasilitas umum

Cepat dan tepat! Inilah salah satu kota yang memberikan pelayanan paling memuaskan walaupun kita orang asing tidak menguasai bahasa lokal. Segala urusan birokrasi bisa diselesaikan tepat waktu dan dengan biaya resmi. Woooww!!

Kebelet pipis ketika sedang jalan-jalan di Jerman bisa bikin pusing, apalagi bila bepergian dilarut malam karena sulitnya mencari toilet umum. Kejadian seperti itu tidak akan terjadi di Seoul karena banyak fasilitas buang hajat nan bersih dan gratis (misalnya di stasiun subway atau di pertokoan). Fasilitas umum terawat rapi dan berfungsi normal, tidak ada coretan-coretan vandalisme ala anak berandal.

Telepon umum yang berfungsi baik dan mudah ditemukan di segala penjuru kota

Telepon umum yang berfungsi baik dan mudah ditemukan di segala penjuru kota

3. Transportasi umum

Ada 2 moda transportasi umum yang melayani hingga larut malam (pukul 12 malam) yaitu kereta metro subway dan bus kota, Sedangkan taksi melayani 24 jam. Dengan hanya mengandalkan 2 moda pertama, kita sudah bisa menjelajah ke segala pelosok kota dengan biaya murah, cepat, dan tepat waktu…………dan bisa menggunakan kartu isi ulang (T-money) untuk membayar biaya perjalanannya.

Transportasi massal Metro Subway yang lapang dan nyaman dengan penumpang yang duduk tenang

Transportasi massal Metro Subway yang lapang dan nyaman dengan penumpang yang duduk tenang

Interior bus kota yang bersih, tempat pengemudi yang nyaman, sistem pembayaran bus yang praktis (kartu isi ulang atau tunai), dan deretan bangku yang minimalis memberi ruang lebih bagi penumpang berdiri

Interior bus kota yang bersih, tempat pengemudi yang nyaman, sistem pembayaran bus yang praktis (kartu isi ulang atau tunai), dan deretan bangku yang minimalis memberi ruang lebih bagi penumpang berdiri

4. Harga

Hanya bergaji 700 ribu won sebulan?? 2 tahun pertama anda sudah bisa memiliki sebuah mobil bekas tampak baru. Bawalah uang 5000 won ke warung makan 24 jam, rasa lapar anda akan hilang dengan segera dan rasa haus anda terhapus tanpa harus membayarnya (air putih dingin gratis sebanyak-banyaknya). Bawalah uang 10.000 won dan pegilah ke pusat belanja, anda masih bisa membeli sebuah celana jeans bermutu. 500 won anda bisa senilai satu kaleng Coke dan 2500 won anda setara dengan rokok Mallboro.

Beberapa pecahan mata uang Won (50.000 merupakan edisi terbaru)

Beberapa pecahan mata uang Won (50.000 merupakan edisi terbaru)

5. Informasi dan telekomunikasi

Seoul menyombongkan dirinya sebagai kota yang paling melek internet dan itu memang betul, murah, cepat dan tersedia di mana-mana (wire and wireless modes). Segala informasi bahkan hingga rute bus-pun bisa ditentukan dengan bantuan internet.

6. Makanan

Bagi penyuka menu-menu binatang haram (babi-red), halal (ayam-red), seafood, junkfood, dan sekedar cemilan, kita tak akan pernah merasa cukup waktu untuk bisa menikmatinya semua.

7. Keramahtamahan

Tersenyumlah, mereka akan membalas senyum anda. Hormatlah kepada orang tua, maka mereka akan memperlakukan kita bagai anaknya. Curilah hati teman-teman Korea anda, maka mereka akan membantu anda lebih dari yang anda harapkan.

8. Lingkungan hidup dan pariwisata

Hutan kota, taman kota, trotoar lebar, ratusan bukit dengan hutannya, peninggalan bersejarah, pertokoan, musim gugur yang menawan dan sejuk, musim dingin yang duuuiiinggiinn dan sedikit salju.

Salah satu obyek pariwisata peninggalan bersejarah di tengah kota Seoul

Salah satu obyek pariwisata peninggalan bersejarah di tengah kota Seoul

Trotoar yang lebar dengan marka pemandu untuk tuna netra

Trotoar yang lebar dengan marka pemandu untuk tuna netra

9. 24 Jam sehari, 7 hari seminggu

Setiap 300 hingga 500 m ada toko 24 jam (convenience store) dan anda tak kan pernah merasa kelaparan dini hari pukul 4.

Contoh toko yang buka 24 jam dan hanya tutup di hari raya thanksgiving Korea

Contoh toko yang buka 24 jam dan hanya tutup di hari raya thanksgiving Korea

Sudut pertokokan pakaian dan asesoris di Dongdaemoon yang memiliki jam kerja seperti pasar induk sayur mayur di Jakarta, mulai beraktifitas semenjak sore dan berakhir di pagi hari

Sudut pertokokan pakaian dan asesoris di Dongdaemoon yang memiliki jam kerja seperti pasar induk sayur mayur di Jakarta, mulai beraktifitas semenjak sore dan berakhir di pagi hari

10. Kaum hawa

Kecantikan kaum perempuan Korea memang sudah tersohor (tapi lebih baik dilihat saja tak perlu ingin memilikinya).

Any comments ?

Bila mata ingin berbagi cerita

117 comments on “10 Alasan senang tinggal di Seoul, Korea Selatan

  1. Rika says:

    waduh mas sepedakuw ilang ditaro diparkiran subway sangwolgok.. huhuhuhuhu
    eh tapi setuju loh dengan pelayanan birokrasinya,
    makanan juga suka, enak2 n porsinya guedeeeeeee.
    tapi gw ga setuju ma ramahnya, org2 seoul kalo ga kenal ga mau senyum, jutek bener, apa krn ada yang aneh sama pandangan pertama mereka ke gw ya..kkk, trus ajumanya (red: ibu2) parah bener maen seruduk2 ajah dimana-mana.
    Tapi emang dah Seoul ga ada tidur2nya 24 jam jalan terus tuh kota, huhuhuhu jadi sedih bentar lagi mo balik… daggg omplon!!!

    • Rika, lihat deh masih banyak sepeda lebih bagus diparkir sembarang dan gak hilang-hilang, bahkan ada motor sampai berdebu gak ada yang ngelirik. Mungkin sepedamu itu kena garuk petugas tata kota, dianggap barang rongsokan yang harus dibuang karena merusak pemandangan dan kesehatan lingkungan. Kemudian, mulailah dari diri kita (kata aa Gym), tersenyumlah yg tulus dari kita dahulu dan mengangguklah yang dalam kepada orang tua, maka pada pertemuan yang ke 7 (angka keberuntungan korea) mereka akan menepuk-nepuk pundak kita dan memberikan kita kue TOG. Jika diseruduk maka artinya kamu baru ketemu satu kali saja, selamat mencoba!

    • evi says:

      bantuin dong…………

    • fhian ayubii says:

      waduh mba jd pengen ke seou,,

      ajak dounkz,,,,,a

      HEHEHHE

  2. vaveri says:

    hehe….emang sih enak dalam hal birokrasi dan keamanan..tapi tidak dalam hal tempat tinggal :) ^^.

  3. Baud says:

    Karena terlanjur cinta dengan pekerjaan…^^

  4. Hanna says:

    setuju dgn item 1,3,4,7,9!
    paling suka ke kedai mkn, ajumma, chamci kimbap hago rameon juseyo..ham paego..hehe.. baru 3500 won..kenyang!
    subway nya bagus tidak seperti tube di london yg kurang selesa dan tidak tepati masa dan sy rasa mungkin sama bagus dgn metro di lyon, perancis.

    soal kecantikan kaum hawa itu, pd pendapat sy,mungkin krn surgeri plastik sgt senang dan murah, jd apa yg dilihat adalah kecantikan di hujung pisau, bkn nya kecantikan asli.. perempuan asia tenggara lebih menawan..

    ajumma2 memakai baju sama warna seperti acara boria dan tidak ada ‘sense of fashion’, tetapi klu berebut tempat duduk di subway, champion!
    waktu winter, bau soju + bau badan 3 hari tak mandi menemani dan makin meruncing bila masuk subway terutamanya line 1 warna biru..bau menusuk sehingga menjadi lali..

    tambah no 11 ya kangmas
    no 11. budaya palli palli..semua benda harus cepat, dan paling penting harus lebih hebat dari jepun..:D

    • Wah kecantikan perempuan asia tenggara yang mana?? klo di pulau jawa dan di bangkok memang cantik-cantik, entahlah kalau di Kuala Lumpur sana hihihihih……………..eh, saya juga heran mengapa hanya subway line 1 saja yang sering bau ???
      kereta tua rupanya. Item 11, budaya palli-palli itu saya kelompokkan sebagai ketidaksenangan (kisah lain waktu).

  5. Mas Boy (Ex-KISTe) says:

    setubuh…eh, setuju…banyak benernya juga tuh..
    tapi yang paling nyebelin orang korea tuh suka plin-plan. and bisa ganti2 keputusan dalam waktu beberapa menit, and anehnya, sampe2 bilang ga inget kalo pernah bilang kayak gitu..hmm..
    (sering kejadian, kejadian juga sesama antar orang korea).
    yang pasti, suka banget sama poin no. 2..manntabbss

    • Karena budaya cepat-cepat a.k.a palli-palli itulah yang menyebabkan mereka juga cepat ganti pikiran, mungkin mulut mereka lebih cepat bertindak dibanding otak mereka hahahahaha……………but, anyhow, Korsel maju dengan cara demikian. Untuk birokrasi……………….uummmm, terus terang Jerman kalah jauh dengan Korsel, bener gak mas boy ??!!! ngaku hayooo !!!

  6. wa'ar says:

    ya relatif aman walau pernah kejadian jok sepeda gw di copot orang, mungkin iseng

    birokrasi mantap lah..selama ini belom ada keluhan asal di penuhi semua requirement nya diharapkan lancar, pernah ada kasus salah paham waktu perpanjang visa sama baud dan ari .. mas baud masih inget gak hehehehehe…

    andai jakarta ada sistem mass transport kaya seoul

    untuk point nomor 7 pendekatan akan lebih mudah kalo bawa anak kecil :D biasanya sesama pembawa anak kecil suka kenalan dan di lain waktu kalo ketemu lagi mereka masih inget loh… dan sepertinya orang korea sangat menghargai makanan cobalah sebelum memakan jajanan kita tawarin dulu ke orang di samping biasanya mereka akan ingat kalo ketemu kita lagi di lain waktu :D

    • Betul, bawa anak kecil emang manjur untuk mengambil hati orang korea terutama yang berusia lanjut. Jadi beranakpinaklah di Korea ini, bukan begitu maksud elo bung waar?? xixixixixi………….sepertinya kasus pencurian benda-benda remeh semacam jok sepeda, tas, atau menurut teman di Seoul Nat. Univ dia kehilangan note book (ini bukan remeh !!) semakin meningkat akhir2 ini, mungkin krn krismon. Eh bung waar, elo emang pernah nawarin makanan ke orang yg duduk di sebelah elo ??

  7. Icha says:

    Hmmm setuju dengan hampir semua point, kecuali nomor 7 :D
    Mungkin karena aku terlihat “aneh” sendiri, jadi sering jadi bahan “lirikan” orang² :lol: pernah kejadian dikerubungi anak² TK untung ada bapak² yang sabar banget mau njelasin ke anak² itu. Tapi kalo yang baik ya ada juga, tanya² ramah (ex: kok tahan pake kostum begitu :lol: )

    But overall emang bener yang ditulis mas Jelli ^.^

    • Orang Korea itu wataknya seperti anak kecil, kalo ngeliat sesuatu yang lain dari yg lain mereka melotot seolah melihat barang aneh, maklum sebuah negeri yang homogen. Untuk bisa mengambil hati mereka coba deh lihat penjelasanku pada komentar Rika di atas, dan jika pada pertemuan ke 7 masih aja diperlakukan tidak ramah, tabokin aja tuh orang Koreanya hahahaha

  8. pitachan says:

    hwahaha…10 hal yang kurindukan ttg seoul..:))
    aku kangen liat orang mabok guling-2 di subway, kangen teriak-2 di norebang, kangen makan tengah malem di dunkin, kangen macem-2 lah…:))
    until we meet again seoul…muuuaaah…^_^

  9. Anita kurniawati says:

    Aslm.Aduuuuhh,,,,setelah baca jd semakin pengen ke SEoul..hiks2..Seru ya Sista?/

  10. Hanziya says:

    hi.. salam kenal… wah asik ya….. rame.. jadi pengen juga… …. emn help help help dunk biar kita kita kesana…. by the way.. ramah tamah??? orang indonesia juga gitu.. apa lagi… buktinya aja aku yg tinggal di kalsel.. sering banget ngebuktiin org-org indonesia ntu ramaaah… untuk keamanan????? mungkin karena masalah ekonomi kale ya…

  11. recca says:

    hi..mo ikutan numpang nanya bole ya.. ^^ aku ada rencana pengen ke sana bln des ini..yg mo aku tanyain itu soal penerbangannya..apakah aman cuacanya buat ke sana?soalnya jrg bgt liat blog yg crt soal jln2 ke sana di bln des..krn dinginnya kl ya.. ^^ tp aku pengen sekali2 maen di salju..hihi..tengkiu ya buat masukkannya.. ^^

  12. eILiS wAtI says:

    SeOuL ,
    EmNk KoTa yAnG IndAh BbUaAAnGgGeTTttT …….
    Aq pNgIn bGt
    TgL Di kOreA SElATaN ……………….

  13. WULAN says:

    aku, pengen banget pergi ke korea. aku adalah seorang siswa yang senang sejarah. dan aku tertarik akan sejarah negara korea. bukan hanya itu saja yang ngebuat aku cinta korea, selain itu aku juga gila ma drama2nya. dan yang terpenting penorama korea selatan yang aku tahu selama ini adalah very beautiful. meskipun tak seindah indonesia kita tercinta.

  14. Ulin says:

    woww…keren bgt tempat2nya. jd pengen ksana…hiks..hiks..sebenarnya kmrn ikut test untuk kerja ksana, tp g lolos. G pa2 bsk coba lg. Skrng cari info2 dulu tentang Korea…

  15. Ecla says:

    hadooh…
    jadi bener2 tertarik nih mw ke seoul..
    tapi ntaran udah nyampe disana gak da temen ato sodara..
    hix..hix…T.T

    Ada gak yg mw nemen’n aku nikmati’n korsel??!!
    (wadohh,,kesananya aja gak tw kapan)
    ha..ha.. :P

  16. Juwita says:

    I agree with you..
    biarpun tggl di Korea cuma 1 setangah tahun..mang korea negara yg bikin kangen..Juwita aja pgn balik…
    Klu bisa milih ..gw pgn tggl disana…alasan hampir sama …
    Gw kangen ama Ajosi satpam di tmpt aq krj dulu.. dia tuch baik bgt …

  17. AJ says:

    mas thanks for sharing
    membuat saya tenang 2 minggu lagi mau berangkat tugas ke sana :)

  18. me says:

    I LOVE SEOUL SO MUCH.

  19. Pink'2me1 says:

    Waaah…jd ngiri paz biz ngebca,mw donk sx2 maen k’zna..
    Yaaaaaaaah…TUHAN kpn Yaw…????
    Seoul adlh 1’1x kota impian tujuanq…

  20. Putri says:

    kalo disana pengen sekolah sambil kerja bisa gak ya ?
    tapi pake visa apa donk ?
    Mohon Informasi.

  21. siska tiara wulandari says:

    aq pengen banget bisa pergi ke seoul,pa lagi bisa sekolah,kerja n tinggal di sana….
    tapi syangnya,aq terlahirdari keluarga yang gak mampu,jdi yow cuma bisa liat seoul dar internet ajah…

  22. Great,hope will go there!

  23. odja says:

    aku pcinta drama korea…
    Smpe2 aku brmimpi pingin tggal dsna…..
    Dtmbah lagi tulisan yg ma buat…..

    Akuuu pingiinnn bgt ksna….

    Do’ain trkabul keinginan ku…

    ^_<

  24. ati purnamawati says:

    Saya menjelajahi kota seoul lewat drama asal Korsel “Don’t cry my love” yang saya tonton 5 hari setiap minggu. Mata dimanjakan dengan berbagai pemandang kota Seoul …. jadi apa yang anda ungkapkan dalam artikel 10 alasan senang tinggal di seoul a 100 % right ….

  25. thaahirah says:

    halo. saya mau tanya tentang, hidup, kuliah, dan biaya2 yang diperlukan.

    terima kasih sebelumnya

  26. Nceps says:

    Seoul memang keren, kotax modern abis di tambah ceweknya yang ok2….tapi alangkah ruginya kita jika belum pernah ke sebakis pulau diujung p. borneo di sana lebih indah dari seoul….i love indonesia

  27. sitepu says:

    mau tanya… 100 won itu berapa rupiah ya ????
    hehe ..
    saya mau mbolang ke sana ! ! ! kekeke
    kira2 … brp yg di butuhkan selama 1 minggu tinggal ???

    reply it ??? khamsahamnida ! ! ! ^^

    • Hallo mas sitepu,
      100 won itu kurang lebih 700-800 rupiah. Jika 1 minggu tinggal di seoul dengan penginapan murah meriah setara motel, katakanlah 40 ribu won per hari, kemudian makan menu sederhana katakanlah 10 ribu won perhari, dan jalan-jalan naik kendaraan umum sekitar 10 ribu perhari, maka total biayanya 420 ribu won atau 3 juta 360 ribu rupiah (kurs 100 won = 800 rupiah). Semoga info ini berguna

  28. sora says:

    waw……………
    keren…………..
    jadi mau tinggal di sana kalau ada uang !!!

    tapi, cara lamar kerja di sana mudah ngak ?

    • Halo mbak,

      Maaf sekali tidak bisa menjawab soal cara mendapatkan kerja di Korea, karena sekarang skema penerimaan pekerja Indonesia melalui jalur G to G, anda mungkin harus mendaftar lewat PJTKI. Datang ke Korea tentu saja menyenangkan, tapi tetap lebih menyenangkan tinggal di Indonesia, Salam !

  29. budi7777 says:

    jika ada yang butuh peta garmin ke korea, seluruh korea bisa lihat di ;

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5515249

    Untuk GPSnya bisa lihat di :
    http://www.rajagps.com

    backpackers mania …

  30. heni says:

    kereeeeen….,jadi mupeng…^^

  31. Tri.a says:

    Ya Alloh jadi tambah kepingin bgt bisa menginjakkan kaki di korea selatan terutama seoul, cita2 aku memang dr dlu, sampe berdoa smoga suamiku bisa ditakdirkan mgkn kerja disana dan bawa keluarganya utk tinggal disana, aku pecinta drama korea dan pengen bgt tinggal di korea. Ada yang bisa bantu ga kalo mau kerja disana caranya gmn ?

    • Halo mbak, Seoul dan Korsel memang indah, tapi semakin lama saya tinggal di sini semakin besar keinginan saya untuk segera pulang ke Indonesia. Terus terang, negeri ini tidak seindah cerita sinetron. Selama masih bisa mencari rejeki di negeri sendiri, tetaplah berusaha dan bekerja keras, mungkin suatu saat anda bisa datang ke Seoul sebagai turis, tapi saya tidak merekomendasikan anda untuk tinggal selamanya di sini. Salam !

      • Silssi says:

        Nasehat yg baguz!
        Apa bener yg dikatakan org xlo kerja disana tdk seindah d negeri sendiri?
        Saya hanya mencoba utk berpikir realistis saja!
        Jangan smp saya menyesal dgn keputusan sy lagi… :-)

      • hello, kalau bisa kerja di negeri sendiri, saya lebih suka melakukannya biarpun pendapatan mungkin tidak sebesar di negeri korea. Tapi sebagai pengalaman, baiklah dicoba beberapa tahun, tapi kemudian kembali ke tanah air mengembangan pengalaman yang sudah diperoleh.

  32. Penjelajah Dunia says:

    Membaca tulisan ini, jadi pengen menginjakkan kaki kembali ke Seoul. Semua poin bener banget…kecuali yang no. 10. Kayaknya too good to be true. Setuju kalau mereka suka operasi…hahaha (sirik aja nih gue)…
    Seneng banget rasanya bisa berkunjung ke sana beberapa bulan yang lalu…Mudah2an saya punya rejeki lebih lagi, jadi bisa jalan2 kembali ke Seoul.
    Kalau saya boleh tambah, saya juga salut ama turisme mereka. Bener2 friendly buat para turis seperti saya…Dan saya setuju banget ama pendapat kamu, seindah2nya negeri orang, lebih indah negeri ndiri…

    Trims buat artikelnya.

    • terima kasih loh mbak penjelajah yang sudi menyampaikan komentar dan uneg-uneg. Yeah, turis menejemen korea memang sudah maju didukung oleh kesadaran semua pihak serta jaminan fasilitas keras dan lunak. Selain itu, untuk berkunjung ke korea tidak terlalu sulit prosedur aplikasi visanya dan dengan biaya minim masih bisa enjoy, salam, semoga kita bisa jumpa di seoul suatu saat!

  33. cheonen revi imnida says:

    asyk bgt y bs tgl di seoul…
    q pny cta2 pgn tgl n hdp dsna lma…
    cz q ska bgt ma korea selatan..
    mw nnya nech..??
    ssh g se hdp dsna??
    scra q ne muslim…
    nyri krj dsna sesusah nyri krj d indnsia g??
    eem….ngdam pgn bru2 k seoul…

  34. Budi says:

    Mungkin informasi ini bermanfaat bagi WNI yg tinggal di Korea atau di LN.

    Solusi murah utk menelpon keluarga di tanah air:
    http://telekom-asia.blogspot.com

    Kualitas, dan Murah.

  35. btw harga tiket dari jakarta ke korea selatan sekarang berapa ya?

  36. san says:

    Kalo cari kos2an untuk tempat tinggal sementara yang murah meriah,nyaman, ada nggak ya? Maksudnya yang punya orang indonesia juga? Dan sampai disana gampang atau tidak ya kerja illegal? Maklum di Indo susah cari kerja untuk saya. Mohon saran dan bantuannya yang berkenan membantu. Terima kasih.

  37. irma says:

    membaca cerita anda saya jadi menangis karna semua yang anda ceritakan itu memang benar adanya. saya juga pernah tinggal di korsel selama 2 tahun dan saya kangen ingin sekali kembali kesana. sudah 11 tahun saya pulang ke indonesia tp kenangan itu tak pernah hilang. sarangeo .

  38. Peter says:

    jdi pngen keseoul nih
    masalahnya dsna kan rata2 pake tulisan hangul, klo yg blom tau gmn y?

    ada gk sih caranya tinggal di seoul dgb cara hemat
    soalnya ortu orbg yg kurang bercukupan

  39. Mila says:

    Senangnya bisa tinggal disana, kapan2 saya ke sana jalan2 boleh gak mas jd guidenya? hehe…kamsahamnida..

  40. arya says:

    haloo,sjak aku nntn film korea(secret garden)aku jatuh cinta ama seoul,cs aku lyt daerah disana kyknya bagus bgt,asri n sejuk gt,tpi ane blm prnh ke korea T_T…umur ane msi 19 thn,tpi bnr2 minat ane ke seoul,gmn hidup disana mbak??mahal biayanya??
    ane mw ngejar yg namanya ha ji won,wkwkkw

    • anda masih muda dan bisa menggali banyak pengalaman. Saya tidak anjurkan anda bekerja di korea, tapi saya dukung sepenuh hati bila anda ingin sekolah lagi. Biaya hidup yah, relatif murah untuk ukuran negara yang sangat moderm semacam korea. Salam!

  41. Rizky says:

    wah enak beud y? di sana…
    pecahan won itu kl di kurs kan dengan rupiah dapetnya brapa y?

  42. lia says:

    saya ingin tinggal di korea dan meninggalkan indonesia,,karna saya suka sekali dengan kehidupan orang2 disna,,tapi saya tidak thu bagaimana caranya!!!bisa bantu?tpi sya tidak mau jadi TKW…mohon di balaz

    • Hmmm, mungkin kamu bisa melanjutkan studi di korea? Atau bila memiliki keahlian tertentu, bisa bekerja di bidang2 tersebut? Mengapa ingin meninggalkan Indonesia? Di korea tidak selalu lebih indah. Bagaimanapun kita tetap warga negara kelas 2, diperlakukan berbeda oleh lingkungan. Atau kamu ingin menikah dengan prang korea? tapi tidak aku rekomendasikan hahahaha

  43. Dita says:

    Halo, saya berencana untuk tinggal di Korea (pengen nya si internship doank bberapa bulan or pling lama setahun). Kra2 untuk orang indonesia cri internship di korea ssah ga ya? trus, stlah baca2 comment ny. Knapa anda tdak menganjurkan orang2 utk bekerja di Korea? Mohon dibalas.
    Terima Kasih.

    • Mendapatkan kesempatan internship di korea sebenarnya cukup mudah asalkan sudah bisa bahasa korea. Apalagi sekarang banyak perusahaan korea di indonesia, sehingga sudah ada jalinan kerja sama yg cukup erat. Anda ingin internship dibidang apa?
      Soal bekerja di korea, saya memiliki opini sebagai berikut: jika anda punya keahlian, punya pengetahuan, silahkan gunakan itu untuk membangun negeri sendiri. Bekerja di korea untuk sementara waktu baik-baik saja, tapi gunakan kesempatan itu hanya untuk mendapatkan pengalaman. Tentu saja anda juga punya opini berbeda kan? tak soal mengapa. Saya sendiri sudah kembali ke Indonesia.

  44. ranita_yoona says:

    indonesia orangnya susah di bilangin buang sampah sembarangan padahal klau buang sampah pada tempatnya jadi bersih kya di korea rakyatnya pada disiplin

  45. musthika says:

    pengen banget tinggal di seoul,,
    kira kira ongkos dari indo ke korea berapa ya,,? pengen tau benget,,

  46. tika says:

    saya berencana untuk tinggal di korea, menurut anda apa kebanyakan universitas nya terakreditasi dengan baik dan apa hanya menerima mahasiswa yang hanya memiliki nilai yang cukup bagus?
    mohon di balas :)

  47. Pambudi says:

    makasih atas tulisannya,. jadi pingin ke Seoul euy,haha salam kenal

  48. naning ayie says:

    Pengen juga kesana tapi gak tau caranya……

  49. popi fonda says:

    idol band,k-pop,korean drama mmg benar2 membuat byk org mnjadi pemimpi (termasuk saya..) dgn gejala yg sm ‘pgn goes to korea’..dan ahh,saya senang sekali menemukan blog ini yg mengembalikan akal sehat saya utk tetap setia pd serabi kuah,nasi pecel dkk..aku cinta Indonesia…terima kasih byk pd penulis :)

  50. WahyuDanz says:

    Kalo boleh tau, persyaratan tinggal d korea apa yah ?

  51. dita says:

    udah baca semua koment-nya seruu dan berkesan, saya mau nanya mau tinggal di seoul itu perlu fasih betul gak bahasa Korea ny? dan jga mau nanya lagi untk yg udah pernah ke korea, di sana bagi yg muslim apa terjamin ke halalan di sana,,,makasih ats infrmsi diatas….

  52. ela says:

    wah kalo aku tinggal disana pasti seneng banget usah palayanan transport tasinya nyaman lingkungan nya bersih siapasih yang ngak suka kalo ngaranya kayak gtu kalo aku sih pasti seneng bangeeeeeet !!!!!!!!!!!!!!!!! kapanya jakarta kayak gtu ???????

  53. vika says:

    Mas, saya butuh informasi tentang lifestyle di Korea. Kalau tidak keberatan, boleh saya minta email atau kontak lainnya? Banyak yang ingin saya tanyakan. Terima kasih :)

  54. kimtaeyeon89 says:

    Waaaa kepengen ke seoul ._. Kapan ya

  55. hamari says:

    wahhhh ak jd pingin tinggal di korea…bsk klo dah cukup umur ak jg niatnya mau menetap di korea dan berganti j warga negara korea tp ak gk bakalan lp ma indonesia kkkkk~~

  56. Jester says:

    mau nanya kenapa opini anda tentang menikah dengan pria/wanita korea sebaiknya tidak dilakukan ? alasannya apa ya ?

    • Menurut hemat saya pernikahan dua budaya yang sangat berbeda sangat tidak disarankan. Seringkali terjadi gegar budaya, ujung-ujungnya perceraian. Tidak masalah jika belum punya anak, tapi kalau sudah punya, menimbulkan masalah baru. Perempuan korea salah satu jenis mahluk yang sulit menerima budaya asing. Ditambah lagi, bangsa Korea sudah terlanjur menjadi bangsa yang rasialis karena percepatan pertumbuhan ekonomi mereka menjadikan mereka merasa superior dan sudah lama menjadi bangsa yang homogen.

      • Winda says:

        Kalo boleh kasih info buat pustakawan seperti sy supaya bisa kerja disana gimana ya?

      • hallo Jeng Hapsari, Kalau anda senang melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketrampilan dan kecekatan, anda bisa mencoba melamar ke Korea melalui biro penyaluran tenaga kerja yang resmi ditunjuk pemerintah RI. Latar belakang pustakawan mungkin tidak terlalu bermanfaat kecuali anda ingin menempuh studi lanjut dengan jalur beasiswa.

  57. Octavia Haryanto says:

    Selamat malam! :D Glad to read your story about Korea. Perkenalkan, nama saya Octavia. Pak, saya mau bertanya, apakah ada banyak lowongan magang untuk mahasiswa luar negeri di Korea? Semoga pertanyaan saya dapat terjawab. 감사합니다. :)

  58. numpang tanya mbak bagaimana caranya kenal dgn musliamah korea,ada yg bisa bantu infonya
    karna saya ingin sekali menikah dan tinggal di korea dan usaha disana , susah tdk membangun usaha spt toko makanan atau pun rumah makan disana,kira2 usaha apa yg lebih baik nya dan susah tdk birokrasinya utk itu , saya mohon bantuannya ya dan informasinya ke email saya aja ary_emeral@yahoo.com makasih

  59. baca postingan disini, makin gak sabaran mau ke Seoul ! 26-mar-2013 s/d 2-april-2013.

    makasih informasinya. bermanfaat!

    Salam,
    Rengga

  60. roy kyne says:

    Emang kamu kerja apaan sih di korea?
    design grafis ada gak?

  61. tjasmie says:

    Aq pngen bnget tw korsel palagi seoul ibukotanya,kpn2 ajak aq yach cz aq ga bisa bahasanya,trus sekolah d sana enak g?klo jalur beasiswa susah g?

  62. Fryndira says:

    msi mau nanya…..
    bza gak sih seorang wanita itu mnjadi tnaga krja di sana…
    dan sberapa bsar ksempatan seorang wanita untk bkerja di sana????

    mhon d’blz……

    • Pria dan wanita memiliki kesempatan sama untuk bekerja di Korea Selatan. Tapi terus terang saya kurang paham jalur yang mesti ditempuh. Seingat saya, penerimaan TKI harus melalui kerja sama antar pemerintah, ada quota jumlah TKI pertahun, masa kerja dibatasi dan ada kemungkinan diperpanjang. Harus melalui tahap seleksi di instansi tertentu. Maaf tidak banyak membantu, karena saya dulu sekedar sekolah bukan bekerja di Korea.

      • love seoul says:

        Pingin banget ke sana… Andai saja bisa dan tinggal ke sana. Tujuan hidup no. 1 bisa menginjakan kaki di seoul T_T tapi sayangnya aku terlahir dari kelurga kurang mampu.. Betapa sedihnya dan iri melihat teman2 semua bisa ke sana.

  63. vaniaaugustya says:

    mba masih tinggal di seoul skrng?

  64. nina says:

    dari komen2 sebelumnya yg saya baca, kenapa mas gak nganjurin kerja di korea??
    bkannya banyak TKI kita yg ksana ya? dan mereka betah2 aja dan ampe mau balik lg, bahkan ada yg gak mau pulang dan anehnya perusahaan pun melindungi TKI2 yg ‘betah’ itu dari petugas imigrasi :D

  65. mulitania says:

    habis kuliah pengen kesana, gak tau buat kerja atau kuliah atau backpaker pngen nekat kesana hhi

  66. Ai says:

    Hallo.. Saya ai, saya ingin sekali bisa bekerja di korea, umur saya 25. Untuk dapat info bekerja disana bagaimana yah??

    Mohon informasinya
    Terima kasiih

  67. omarAra says:

    Nak tanya kos di korea. Mcmana dengan bil air dan apinya. Juga berapa harga petrol selitre. Suami kena hantar ke korea 2 tahun jadi ingin tahu tentang itu. Tkasih.

  68. Taufiq says:

    Sudah lama kepengen kerja di korea. Tapi sampai sekarang belum bisa karena belon ada biaya berangkat… setelah baca-baca komentar dari kawan-kawan. memang ada susah dan senangnya. tapi memang beginilah hidup pasti ada susah senangnya… Thanks atas informasinya kawan,,,,,

  69. lusibaekhyun says:

    Aku kepengen kerja di sana .. Kerjaan di sana apa aja ? Gajinya kalo di Indokan besar ga ? Coment dong

  70. Ina says:

    kak, aku mau nanyak dong. Di korea ada sekolah untuk jenjang D3 gk ? Klo ada nama’a apa ?
    Tolong dijawab ya makasi :)

  71. Salam,

    Mudah tidak untuk mencari perkerjaan di Korea Selatan. Seperti Guru Tadika.

    • Jika anda memiliki keahlian yang istimewa, misalnya bisa menjadi interpreter indonesia-korea, atau ahli bidang sains dan teknologi, peluang kesempatan anda bekerja di korea akan lebih besar. Tapi saya sarankan anda lewat jalur pendidikan dulu, misalnya mendapatkan beasiswa untuk kemudian mencari kerja selepas lulus disana.

  72. liya says:

    kereeennnn…
    mau dong kuliah …kerja…sekaligus tinggal disana…hehehe

  73. yunila says:

    Mbak aku pengen bgt tnggal korea,aku boleh gag mntak petunjuk dri mbk.
    Mkasii sblumnya :)

  74. elisabeth says:

    Mas klo tdk keberatan boleh ngga mnt alamat email anda, byk yg ingin sy tanyakan seputar tinggal dikorea.. Ini alamat email sy, aimee170487@gmail.com.. Terimakasih :)

  75. habibiy says:

    Sukses full sungguh bermanfaat,,,

  76. rosma says:

    awalx gmana bisa tggal dikorea? caranya gmana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s